LPP Sugar Knowledge Center

Menuju Industri Gula Berdayasaing, Bermartabat, Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan.
 
Produksi Tebu Seluruh Dunia (Foto: wikipedia)

Produksi Tebu Seluruh Dunia (Foto: wikipedia)

 

Brazil, India, China merupakan 3 negara terbesar penghasil tebu di Dunia. Berdasarkan dari data yang diperoleh dari FAO (Food and Agriculture Organization of The United Nations) di website resminya www.fao.org, pada tahun 2011, produksi tebu di Brazil mencapai 734 juta ton, diikuti India 342 juta ton dan China 115 juta ton. Berikut adalah tabel 25 negara terbesar penghasil tebu di dunia dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2007 s.d. 2011.

 

Tabel Produksi Tebu Dunia Tahun 2007 s.d. 2011 dalam Juta Ton.

R* = Rangking. (Sumber: FAOSTAT)

R* = Rangking. (Sumber: FAOSTAT)

 

Produktivitas tanaman tebu dunia rata-rata tahun 2011 adalah ± 70,5 ton per hektar, sedangkan perkebunan tebu dengan produktivitas tertinggi rata-rata adalah berada di negara Ethiopia dengan rata-rata produktivitas ± 126 ton per hektar. Secara teoritis berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh James Duke (1983) di Purdue University (Indiana, US), potensi produktivitas maksimum adalah 280 MT/ha/tahun (280 ribu ton per hektar per tahun). Sebuah penelitian yang dilakukan di negara Brazil juga menunjukkan bahwa produktivitas tanaman tebu berkisar 236 s.d. 280 ribu ton per hektar per tahun.

 

Berdasarkan data-data yang diperoleh tersebut, terdapat hal yang menarik untuk dicermati, yaitu bahwa jumlah produksi tebu di negara Brazil jauh diatas negara-negara lainnya di Dunia sebagai produsen tebu. Pada tahun 2011, jumlah produksi tebu Brazil (734 juta ton) baru dapat ditandingi oleh jumlah produksi tebu dari 8 negara yang ada dibawahnya yaitu India, China, Thailand, Pakistan, Mexico, Philippines, United States dan Australia dengan total jumlah produksi 744 juta ton. Luar Biasa !

 

Berikut adalah grafik produksi tebu dari 25 negara terbesar penghasil tebu di Dunia pada tahun 2011 dan perbandingan jumlah produksinya terhadap jumlah produksi tebu di negara Brazil dalam persen.

 

grafik0 negara produsen gula

Dimana posisi negara kita, Indonesia? Seperti yang dapat anda lihat bahwa pada tahun 2011 negara kita menempati rangking 11 dengan perkiraan jumlah produksi tebu adalah ± 24 juta ton, hanya 3,3% dibandingkan produksi tebu di Brazil. Dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2007 s.d. 2011 negara kita sempat naik ke peringkat 9 sebagai negara penghasil tebu pada tahun 2010 dengan jumlah produksi tebu adalah ± 27 juta ton. Demikian gambaran singkat mengenai jumlah produksi tebu negara-negara produsen tebu di Dunia dan posisi negara kita diantara negara-negara lain sebagai produsen tebu, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan masih banyak hal-hal yang harus dibenahi untuk memajukan Industri gula di Tanah Air kita, ber-swa sembada gula bahkan ekspor gula. Insha Allah.

 

(Menurut berita pada tahun 2012, produksi gula nasional hanya mampu mencukupi ± 60% kebutuhan gula dalam negeri. #sumber berita)

 

Sumber tulisan : FAOSTAT, wikipedia

 

 

The following two tabs change content below.

Fathur Rifai

Professional Staff, Sugar Technologist at LPP Yogyakarta

Latest posts by Fathur Rifai (see all)

(komentar anda cermin pribadi anda, mari budayakan komentar dengan bahasa yang baik)
Untuk berdiskusi, tulis komentar dengan login di akun FB anda :

Categories

Web Stats


institutions and administrations