LPP Sugar Knowledge Center

Menuju Industri Gula Berdayasaing, Bermartabat, Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan.
 

Sistem Penjaminan Rendemen

Posted by Heryanto Ichsan in Current Issue | 2 comments

sugarcane4_slider960x400Beberapa tahun belakangan ini PTPN menerapkan JAMINAN RENDEMAN MINIMAL untuk Tebu yg dikirim ke PG (Pabrik Gula). Menurut saya ini adalah cara yang baik untuk mengedukasi Petani Tebu Rakyat (PTR) maupun fihak PG sendiri.

 

Edukasi pada PTR dimaksud agar PTR mengirim BBT (Bahan Baku Tebu) yang MBS (Masak Bersih Segar) agar tercapai Rendemen optimal. Untuk fihak PG harus lebih cermat dalam mengawal pos pos kehilangan dalam Pabrik sehingga Effisiensi Pabrik tinggi, apabila tidak tentu tebu yg sudah benar-benar MBS tidak akan digiling pada PG tersebut, karena bagaimanapun juga sulit dipungkiri bahwa sistim Jaminan Rendemen yang diberlakukan sangat kental dengan nuansa persaingan untuk mendapatkan BBT antar PG/PTP.

 

Untuk mendapatkan hasil produksi gula yang optimal ada 2 hal pokok yang harus dipenuhi :

[-] BBT benar benar MBS

[-] Giling sesuai Kapasitas dengan kehilangan & jam berhenti minimal

 

Untuk tahun ini (sampai dengan artikel ditulis / awal Juli 2013) masih sering turun hujan, sehingga 2 hal pokok diatas menjadi sulit untuk dipenuhi, kondisi iklim yg seperti ini berakibat pada hal hal yg klasik :

[-] BBT yg sudah masak tidak bisa diambil karena kondisi lahan yg tidak bisa dimasuki kendaraan (truk) sehingga diambil BBT pinggir jalan yg kondisi belum masak.
[-] Penurunan kapasitas giling (sering berhenti giling) karena stagnasi pasok BBT, yg berakibat pada in-effisiensi & kebutuhan bahan bakar yg meningkat.
[-] Kesimpulan akhir, tujuan Jaminan Rendemen menjadi tidak tercapai.

 

Dalam kondisi seperti sekarang, mana yg lebih bijak MENURUNKAN JAMINAN RENDEMEN atau BERUPAYA MENEBANG TEBU YG SUDAH MASAK ? (Keduanya mengandung resiko ), last but not least seharusnya kita bersinergi menciptakan cara untuk menebang tebu Masak dalam iklim seperti saat ini.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa.

The following two tabs change content below.

Heryanto Ichsan

Latest posts by Heryanto Ichsan (see all)

(komentar anda cermin pribadi anda, mari budayakan komentar dengan bahasa yang baik)
Untuk berdiskusi, tulis komentar dengan login di akun FB anda :

Categories

Web Stats


institutions and administrations